Jumat, 29 April 2011

HMS Friday

HMS Friday merupakan salah satu urban legend yang mengarah kepada percobaan yang dibuat oleh AL Inggris ( Royal Navy ) untuk menghilkangkan takhayul mengenai berlayar di hari Jumat. Cerita ini beredar dari orang ke orang. Akan tetapi, pada faktanya cerita ini bohong. Lebih lagi, kapal yang bernama HMS Friday tidak pernah ada dalam sejarah AL Inggris. Detil ceritanya bervariasi. Tapi yang saya tampilkan disini merupakan cerita yang umumnya beredar:
" Pada abad ke 19 masehi, AL Inggris mencoba untuk menghilangkan kepercayaan para pelaut mengenai berlayar di hari Jumat membawa sial. Untuk itu, AL Inggris sepakat mengembangkan cerita mengenai HMS Friday yang konon tenggelam di hari Jumat, pertama kali berlayar di hari Jumat, layarnya pertama kali dikembangkan pada hari Jumat, dan komandannya bernama Kapten James Friday. Sekarang kapal itu sudah tidak terdengar lagi"
Urban legend ini seringkali diceritakan sebagai fakta dalam beberapa variasi. Cerita ini mempunyai asal usul yang tidak jelas. Tetapi, cerita ini kembali populer setelah diceritakan lagi oleh komedian Dave Allen dalam acaranya Dave Allen At Large pada tahun 1970.




Sekian, maaf ya kalo kependekan ;)